Selasa, 30 November 2010

Service kipas CPU

Umur komputer ku kira-2 udah 2 tahunan, tapi meski begitu masih OK dan ngga pernah ada masalah sampai 2 minggu yang lalu, tiba-tiba bersuara dengung yang agak mengganggu disertai suara krrrr....krrrrrrr....... ada apa gerangan ???
Ternyata usut punya usut, penyebab nya adalah kipas pendingin di CPU mulai bermasalah, bagi blogger semua yang punya masalah yang sama dengan saya ada 2 langkah yang bisa dilakukan :

Pertama :
Bawa aja ke tukang service ato dealer komputer, dengan resiko bayar ongkos serice + beberapa waktu CPU kita mesti nginep ditempat tukang service/dealer, untung-untung kalo bisa ditunggu atau service ditempat.

Kedua :
Saya saranin supaya melakukan langkah-2 yang telah saya lakukan, ............. service sendiri, gampang koq. Pertama buka CPU, ada 'minimal' 2 kipas utama di CPU, kipas pada pendingin prosesor & kipas pada power supply (lihat gambar) dengarkan kipas mana yang bermasalah, saran saya sih kalo emang udah dibuka ganti aja keduanya, murah koq sekitar 7 rb per biji, 









tapi kalo ngga mau repot beli ............... kasih aja olie / minyak rem / atau paling apes minyak kelapa deh juga gak papa, tapi awas cpu di krubung semut (apalagi minyak kelapa habis goreng ikan asin) ......... xixixixiiii ..... pada as kipas ........................... pertama buka kuncian kipas pada headsink (lihat gambar 1 & 2) jangan lupa membersihkan semua bagian headsink + board, dari debu & kotoran,


 kemudian buka label stiker bagian atas kipas (gmbr 3) sampe keliatan as kipas, tetesi dengan olie/minyak 2-3 tetes saja, tutup dengan isolasi/dobel tape, tempel kembali stikernya. Pasang kembali.









begitu juga dengan power supply, kipas in yang biasanya paling kotor & cepet aus, karena banyaknya debu + sumber panas utama di cpu.
Buka baut bagian atas bersihkan semua bagian PSU dari debu & kotoran.

Buka baut pengunci bagian kipas /fan bersihkan semua bagian PSU dari debu & kotoran.













Buka stiker atas/depan & beri olie / minyak seperti pada kipas prosesor bersihkan dari debu.
Pasang semua bagian seperti semula ...... dijamin CPU anda akan bersuara lembut dan ngga "kemresek" lagi. Dengan memeriksa bagian-2 CPU secara berkala, akan membuat CPU Anda lebih awet & ngga gampang rusak, karena jangan sampai gara-2 kipas yang macet trus prosesor atau bagian-2 yang lain menjadi 'over heat' yang berakibat sangat fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar